Minggu, 09 Oktober 2011

Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari suatu orang ke orang yang lain.

Komunikasi Lisan
Komunikasi merupakan kegiatan penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan tertentu. Pesan tersebut dapat disampaikan dalam berbagai bentuk seperti lisan, tulisan, audio visual ataupun gabungan dari ketiganya.
Dalam komunikasi lisan, pola komunikasi sangat menentukan pilihan kata yang dipergunakan. Organisasi yang hubungan antar unit kerjanya cukup formal, maka bahasa yang dipilih biasanya lugas dan eksplisit. Kata-kata maupun idiom yang dipergunakan jelas bagi siapa saja, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Artinya, kata-kata dipilih sejelas mungkin dan diusahakan yang tidak memiliki makna ganda.

Komunikasi Tertulis
Bentuk-bentuk komunikasi tertulis
1.Surat dan Memo,diklasifikasikan kedalam 4 kategori
- Permintaan atau permohonan
- Rutin, berita dan pesan-pesan yang baik
- Berita-berita yang tidak baik
- Pesan-pesan persuasif
2.Laporan.


Komunikasi keatas
Yaitu informasi yang mengalir dari tingkat yang lebih rendah (bawahan) ke tingkat yang lebih tinggi (atasan).

Pentingnya informasi keatas:
  1. Informasi bagi pembuatan keputusan
  2. Memberi informasi bagi atasan kapan bawahan siap menerima informasi dari mereka & seberapa baik bawahan menerima apa         yang dikatakan kepada mereka.
  3. Mendorong keterbukaan komunikasi tentang keluh kesah, kritik      muncul kepermukaan sehingg atasan tahu apa yang mengganggu   dan menghambat kerja mereka.
  4. Menumbuhkan apresiasi & loyalitas kpd organisasi dg memberi kesempatan kpd pegawai untuk mengajukan pertanyaan & memberi masukan/gagasan serta saran.
5.    Memberi informasi pada atasan apakah bawahan memahami apa yg diharapkan dari aliran informasi ke bawah
  1. Membantu pegawai mengatasi masalah pekerjaan mereka & memperkuat keterlibatan mereka dg pekerjaan & organisasi.

Komunikasi ke bawah
yaitu informasi mengalir dari jabatan berotoritas lebih tinggi kepada mereka yang merotoritas lebih rendah.
            Jenis informasi yang biasanya dikomunikasikan :    
            1. Mengenai bagaimana melakukan pekerjaan
            2. Mengenai dasar pemikiran untuk melakukan pekerjaan
            3. Mengenai kebijakan & praktik organisasi
            4. Informasi kinerja pegawai
            5. Informasi untuk mengembangkan rasa memiliki tugas (sense of mission).


Komunikasi Horisontal
Adalah penyampaian informasi diantara rekan-rekan sejawat dalam unit kerja.
Tujuan komunikasi horisontal:
1.    Untuk mengkoordinasikan penugasan kerja
2.    Berbagi informasi mengenai rencana & kegiatan
3.    Untuk memecahkan masalah
4.    Untuk memperoleh pemahaman bersama
5.    Untuk mendamaikan, berunding, dan menengahi perbedaan
6.    Untuk menumbuhkan dukungan antar personal
Bentuk komunikasi Horisontal:
Rapat komisi, interaksi pribadi, selama waktu istirahat, obrolan di telpon, memo / catatan, kegiatan sosial, lingkaran kualitas (sebuah kelompok pekerja sukareka yang berbagi wilayah tanggungjawab)


Komunikasi Satu arah
Komunikasi satu arah
Yaitu komunikasi yang tidak memberi kesempatan pada pendengar untuk memberikan tanggapan/sanggahan.




-- pesanpesan--pesanpesan persuasifpersuasif2.2. LaporanLapora



Tidak ada komentar:

Posting Komentar